SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
A. Topik Permasalahan : Topik Tugas
B. Bidang bimbingan : Pribadi dan Sosial
C. Jenis layanan : Bimbingan Kelompok
D. Fungsi layanan : Pemahaman dan Pencegahan
E. Tujuan yang ingin dicapai :
1. Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan sosialisasi terutama dalam berkomunikasi
2. Mahasiswa dapat mengembangkan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap terutama :
a) Berani mengemukakan pendapat.
b) Mampu bertenggang rasa.
c) Menghormati orang lain.
F. Sasaran : Mahasiswa
G. Uraian kegiatan dan materi :
1. Pembentukan
a. Membuka kegiatan bimbingan kelompok dengan mengucapkan salam
b. Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih kepada anggota atas kedatangannya
c. Memimpin berdoa.
d. Perkenalan antara pemimpin kelompok dengan anggota kelompoknya
e. Melakukan permainan (ice breaking) untuk memberikan kehangatan dan mencairkan suasana.
f. Penstrukturan:
1) Menjelasakan pengertian
2) Menjelasakan tujuan
3) Menjelaskan proses
4) Menjelaskan azas
5) Menjelaskan cara pelaksanaan
g. Pemimpin kelompok menetapkan kontrak waktu.
2. Peralihan
a. Menjelaskan kembali maksud dan tujuan
b. Pemimpin kelompok memastikan bahwa anggotanya telah siap untuk melangkah menuju tahap berikutnya.
c. Pemimpin kelompok menjelaskan topic yang ada dalam bimbingan kelompok
3. Kegiatan.
a. Pemimpin kelompok menetapkan topic tugas.
b. Pemimpin kelompok menjelaskan alasan pembahasan topic tersebut.
c. Pemimpin kelompok bersama anggota membahas topik.
e. Melakukan selingan atau permainan agar suasana menjadi rileks atau tidak tegang.
f. Pemimpin kelompok menyimpulkan hasil bahasan topic.
4. Pengakhiran
a. Pemimpin kelompok mengungkapkan bahwa kegiatan akan segera diakhiri atau berakhir.
b. Pemimpin kelompok menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan understanding, comfort, & action (UCA)
c. Pemimpin kelompok menanyakan pesan dan kesan anggota secara bergantian
d. Menutup kegiatan dengan berdoa
f. Mengucapkan terima kasih
H. Metode : Ulas Pendapat dan Tanya
Jawab
I. Tempat pelaksanaan : Gedung D103 FKIP UPS
Tegal,
J. Waktu dan tanggal : 13 juni 2011 pukul 15.00
WIB
K. Alat dan perlengkapan yang digunakan : Buku Panduan dan alat
tulis menulis
L. Rencana penilaian dan tindak lanjut :
1. Penilaian
a) Proses, dapat diketahui dari keefektifan, kesungguhan, kesukarelaan, dan ketertarikan siswa pada topik.
b) Penilaian dilihat dari pengungkapan pesan kesan dan harapan yang disampaikan saat pengakhiran.
c) Hasil, mahasiswa dapat berbagi pengalaman, informasi, opini, dan saran terhadap topik terkait atau yang dibahas.
2. Tindak lanjut
Tindak lanjut, kegiatan dapat dilanjutkan dengan melakukan layanan lain. Misal, konseling kelompok, konseling individu, serta layanan yang lainnya.
M. Keterkaitan layanan : Aplikasi Instrumen dan
Himpunan Data
N. Catatan khusus :……………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tegal, 18 April 2011
Praktikan
Ahmad Baidhowie
NIM. 1109501141
PERMAINAN 1
1. Judul
“ Rangkaian Nama “
2. Deskripsi
Permainan ini berintikan penggabungan atau perangkaian nama dari semua anggota kelompok, termasuk ketua kelompok.
3. Tujuan dan Nilai Kelompok
a. Permainan ini dilaksanakan pada awal kegiatan kelompok (Tahap Pembentukan), agar semua peserta mengenal dan hafal nama semua anggota kelompok, dan dengan demikian akan meningkatkan keakraban dan kebersamaan antar sesama anggota kelompok.
b. Permainan ini menuntut pemusatan perhatian dan dapat membawa suasana yang menggembirakan sehingga suasana kelompok menjadi lebih dan menyenangkan.
c. Setiap anggota kelompok (termasuk pemimpin kelompok) berusaha mengenal dan meyebutkan dengan benar nama-nama semua anggota kelompok; dengan demikian semua anggota kelompok akan merasa diakui oleh anggota lainnya. Permainan ini mendorong dikembangkannya “perasaan dalam kelompok” untuk semua anggota kelompok.
4. Pemain
Seluruh anggota kelompok, termasuk pemimpin kelompok
5. Cara Bermain
a. Semua anggota kelompok dan pemimpin kelompok berada ditempat duduk yang disusun dengan membentuk lingkaran
b. Pemimipin kelompok menjelaskan jalannya permainan, yaitu :
(1) Mula-mula salah seorang anggota kelompok, sebagai orang pertama, menyebutkan namanya sendiri, misalnya Ucha.
(2) Kemudian arah ke kiri atau ke kanan, anggota kelompok lainnya, sebagai orang kedua, menyebutkan nama anggota yang telah mengemukakan nama sebelumnya. (yaitu Ucha) dan langsung disambungkan dengan nama sendiri, misalnya nama orang kedua itu Rina; maka orang kedua itu menyebutkan Ucha-Rina.
(3) Begitu selanjutnya orang ketiga, dan seterusnya, satu persatu mengkaitkan nama-nama yang telah tersebut terdahulu dengan namanya sendiri.
(4) Semua anggota kelompok mendapat giliran untuk menyebutkan nama semua anggota kelompok dan nemanya sendiri, sehingga semua nama itu terangkaikan.
c. Percobaan
Anggot kelompok diajak mencoba permainan tersbut. Pemimpin kelompok menhunjuk salah satu anggota untuk memulainya, dilanjutkan oleh anggota berikutnya. Apabila pelaksanaannya sudah betul, permainan dapat dilanjutkan, dan apabila belum etul dijelaskan kembali. Diwaktu menyebutkan nama anggota lainnya, anggota yang menyebutkan nama itu harus melihat wajah anggota yang namanya sedang disebutkan.
d. Bermain Sebenarnya
Setelah dicobakan ternyata berhasi, permainan dilaksnakan secara lengkap. Semua anggota kelompok menyiapkan diri dan menyimak dengan baik untuk menunggu giliran merangkai nama-nama iru.
e. Begitu selanjutnya sampai semua anggota kelompok mendapat kesempatan untuk merangkaikan nama-nama anggota kelompoknya secara tepat dan lengkap.
6. Cataan Khusus
a. Putaran rangkaian nama itu dapat dilakukan beberapa kali, sampai semua anggota kelompok, termasuk Pemimpin kelompok benar-benar hafal nama semua anggota kelompok.
b. Dalam putaran pertama hendaknya dusahakan agar Pemimpin kelompok mendapat giliran terakhir untuk merangkai nama itu; dengan demikian Pemimpin kelompok diwajibkan sejak awalnya mengahafal seluruh nama anggota kelompoknya.
c. Permainan amat efektif untuk para anggota kelompok yang baru pertama kali bertemu.
PERMAINAN II
1. Judul
“Berebut Kursi”
2. Deskripsi
Permaianan ini berintikan gerakan untuk mendapatkan tempat duduk dengan mengikuti sebuah nyayian lagu.
3. Tujuan dan Nilai Kelompok
Permainan ini dilakukan di antara kegiatan kelompok yang telah berlangsung lama (misalnya di antara diskusi atau pembahasan masalah oleh para anggota kelompok), permainan ini dapat menghilaangkan ketegangan yang ditimbulkan oleh keseriusan kegiatan diskusi dan pembahasan tersebut, sehingga kegiatan kelompok selanjutnya akan tetap berjalan dengan bergiliran dan mantap.
4. Pemain
a. Semua anggota kelompok
b. Pemimpin kelompok tidak ikut bermain, tetapi menjadi pengeloala permainan
5. Cara Bermain
a. Tempat duduk disusun melingkar; satu orang tidak mendapat tempat duduk.
b. Pemain berdiri membelakangi kursi.
c. Para peserta dipersilahkan duduk. Peserta yang tidak mendapat tempat duduk berada di luar garis lingkaran dan bersiap-siap mengintai kursi yang kosong. Nantinya, peserta yang tidak kebagian kursi itu akan berusaha “merebut” sebuah kursi yang akan menjadi tempat duduknya.
d. Pemimpin kelompok menjelaskan jalannya permaianan, yaitu :
(1) Kepada mereka (para peserta) menyayikan sebuah lagu.
(2) Apabila pemimpin kelompok mengatakan “stop” pada baiat-bait lagu tertentu, maka anggota kelompok segera berebut kursi.
e. Peserta yang tidak mendapatkan tempat duduk berusaha mendapatkan tempat duduk sewaktu pemimpin kelompok mengatakan “stop”
f. Percobaan :
Peserta diajak mencoba melaksanakan permainan ini. Pemimpin kelompok menyayikan lagu.
g. Permaianan Sebenarnya :
Setelah percobaan lancar, maka diadakan permaianan sebenarnya,. Dalam proses permianan, peserta yang tidak duduk dapat di beri kesempatan “untuk unjuk kebolehannya” seperti menyanyi, puisi dsb.
6. Catatan Khusus
a. Lagunya yang ada jedanya
b. Jarak antara tempat duduk yang melingkar diusahakan lebih longgar
PELAKSANAAN
A. Tahap Pembentukan
Pada tahap pembentukan ini anggota telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut:
1. Praktikan mengucapkan salam, menanyakan kabar anggota kelompok dan mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan anggota kelompok untuk mengikuti kegiatan bimbingan kelompok.
( Ass. Selamat sore adik-adik, bagaimana kabar kalian hari ini ? tampaknya semuanya baik-baik saja terlihat dari pancaran wajah kalian cerah tanpa celah. Terimakasih atas partisipasi kalian yang sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yaitu bimbingan kelompok).
2. Menerima kehadiran anggota kelompok secara terbuka dan mengucapkan terimakasih
( tampaknya kalian sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini, terlihat dari wajah kalian yang ceria tanpa beban).
3. Berdo’a
( sebelum kita lanjutkan kegiatan marilah kita berdoa agar apa yang kita lakukan sore hari ini dapat memberi manfaat dan hasil yang bisa kita rasakan ).
4. Praktikan menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan asas-asas yang digunakan dalam bimbingan kelompok
a. Pengertian bimbingan kelompok yaitu suatu kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok dimana semua anggota kelompok saling mengemukakan pendapat, menanggapi yang dibahas dalam kegiatan tersebut
b. Tujuan bimbingan kelompok yaitu
1). Siswa diharapkan mampu berbicara didepan orang banyak, mampu mengeluarkan ide, gagasan, pendapat,..
2). Siswa mampu menghargai pendapat orang lain
3). Siswa mampu mengendalikan diri dan menahan emosi
c. Azas-azas bimbingan kelompok, yaitu azas keterbukaan, kesukarelaan, kenormatifan, kekinian, kerahasiaan
( Dalam kegiatan ini masing-masing anggota diminta secara sukarela untuk berbicara, mengeluarkan perasaan-perasaannya, pendapat, saran dan tanggapan dengan terbuka. Pada saat salah satu anggota sedang mengemukakan pendapat maka anggota yang lain mendengarkan dengan baik).
5. Saling memperkenalkan diri baik praktikan maupun anggota kelompok
( selanjutnya yaitu perkenalan, silahkan kalian sebutkan nama, alamat, hobby, nomer hp dll agar kalian bisa berkomunikasi diluar kegiatan BKp ini).
6. Mengadakan permainan kepada anggota kelompok untuk lebih mengakrabkan diri dengan anggotanya.
( adik-adik, mari kita duduk di tempat duduk yang kita bentuk sebuah lingkaran, Mula-mula salah seorang anggota kelompok, sebagai orang pertama, menyebutkan namanya sendiri, misalnya Ucha, Kemudian arah ke kiri atau ke kanan, anggota kelompok lainnya, sebagai orang kedua, menyebutkan nama anggota yang telah mengemukakan nama sebelumnya. (yaitu Ucha) dan langsung disambungkan dengan nama sendiri, misalnya nama orang kedua itu Rina; maka orang kedua itu menyebutkan Ucha-Rina, dst…)
B. Tahap Peralihan
1. Praktikan menjelaskan kegiatan yang akan ditempuh pada tahap berikutnya.
( perlu kalian ketahui, kegiatan yang akan kita lakukan selanjutnya adalah ulas pendapat dan tanya jawab mengenai topik yang dibahas).
2. Praktikan menegaskan topik yang akan dibahas dalam kegiatan bimbingan kelompok ini.
( dalam kegiatan ini topik permasalahan yang akan dibahas adalah topik tugas, maksudnya adalah bapak yang memberikan topik bahasan dan kalian yang mengungkapkan pendapat atau ide-ide mengenai topik tersubut).
3. Praktikan menanyakan kesiapan para anggota kelompok untuk masuk pada tahap kegiatan dan ternyata semua anggota kelompok telah siap.
( Apakah kalian masih semangat dan siap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya ? Siap pak. Bapak sangat senang dan bangga dengan antusias kalian dalam mengikuti kegiatan ini).
C. Tahap Kegiatan
Dalam tahap kegiatan ada juga beberapa item yang harus dilaksanakan, sebagai berikut :
1. Kesepakatan waktu pelaksanaan.
( sebelum melangkah lebih jauh kita sepakati dulu waktu yang akan kita pakai untuk kegiatan ini agar kegiatan dapat berjalan efektif dan efisien. Kesepakatan waktu 45 menit, mulai jam 15.00 – 15.45 WIB).
2. Pemimpin kelompok mengemukakan topik bahasan yang telah dipersiapkan.
( Topik bahasan yang akan kita ulas yaitu mengenai pengaruh kemajuan teknologi remaja, kemudian kalian sebagai anggota kelompok membahas topik secara tuntas dengan mengeluarkan pendapat, ide, saran dan tanggapan ).
3. Menjelaskan pentingnya Topik tersebut dibahas dalam kelompok.
( pembahasan topik ini bertujuan agar kalian dampak dari kemajuan teknologi, dan agar kalian sebagai insan penerus kebudayaan bangsa dapat memanfaatkan kemaujan teknologi untuk kegiatan-kegiatan positif ).
4. Tanya Jawab Tentang Topik yang dikemukakan pemimpin Kelompok.
( selanjutnya bapak persilahkan kalian satu-persatu untuk mengunkapkan pendapat, ide, saran dan tanggapan mengenai topik ini, ungkapkan saja dengan lepas apa yang ada di dalam pikiran kalian).
5. Pembahasan Topik tersebut secara tuntas
( kita mulai dari sebelah kiri bapak untuk mengungkapkan apapun mengenai kemajuan teknologi, dst. pembimbing hanya mengamati jalannya kegiatan sebagai pengatur lalu lintas ).
6. Selingan.
( apakah kalian masih semangat ? baiklah kalau begitu mari kita susun Tempat duduk melingkar; satu orang tidak mendapat tempat duduk. Sekarang berdiri membelakangi kursi. Silahkan kalian duduk. Yang tidak mendapat tempat duduk berada di luar garis lingkaran dan bersiap-siap mengintai kursi yang kosong. Nantinya, yang tidak kebagian kursi itu akan berusaha “merebut” sebuah kursi yang akan menjadi tempat duduknya. Dst….).
7. Penyimpulan
( kesimpulan dari topic ini adalah bahwa kemajuan teknologi harus juga diimbangi dengan kemajuan pendidikan dan iman kita agar hasil dari kemajuan teknologi dapat kita maksimalkan untuk kegiatan yang bermanfaat).
D. Tahap Pegakhiran
Dalam tahap pengakhiran ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Menjelaskan bahwa kegiatan BKp akan diakhiri
( sesuai dengan waktu yang telah kita sepakati dalam tahap kegiatan tadi, yaitu kegiatan selesai jam 15.45 WIB, berarti waktu kita tinggal 5 menit lagi ).
2. Penilaian segera (Uca)
3. Pembahasan kegiatan lanjutan.
( untuk dua minggu depan kita laksanakan lagi kegiatan BKp ini dengan topik bebas, dan bapak harap kalian masih tetap semangat dan konsisten dalam mengikuti layanan ini).
4. Ucapan terima kasih.
( terima kasih atas partisipasi dan keaktifan adik-adik semua yang sudah berkenan untuk mengikuti kegiatan ini dari awal sampai selesai)
5. Berdo’a.
( marilah kita berdo’a agar apa yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat untuk kita semua).
6. Perpisahan.
( sampai jumpa kembali minggu depan masih tetap diruang ini, hati-hati dijalan, dan langsung pulang kerumah yah... tetap semangat!!!!).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar